Friday, February 12, 2010

Berburu Gurita di Tengah Malam (Bukan Cerita Hantu, Apalagi Politik) Session 2

Sebenarnya masih agak capek baru pulang dari berburu gurita tadi subuh (12 Februari 2010), tapi karena kang tejo punya janji untuk ngelanjutin topik ini, maka kang tejo berusaha sekuat tenaga (sambil nahan kantuk )untuk nulis posting kali ini . Sebagaimana janji kang tejo bahwa posting kali ini akan ngebahas mengenai peralatan yang dibutuhkan untuk berburu gurita (ingat jangan dihubungkan lagi sama Gurita Cikeas karena untuk memburu Gurita Cikeas g mempan pakai alat ini heheehhehe*PISS pak SBY*):
1. Lampu Petromax
berguna sebagai mata kita alias penerang dalam perburuan gurita, awas jangan sampai g bawah lampu ini karena anda tidak akan dapat melihat apapun di air.
2.Serokan Ikan
sesuai nama alat ini digunakan untuk mengambil ikan, kepiting dan udang..cari2 diinternet belem ketemu gambar yang sama dengan serokan ikan punya saya. INGAT INI TAK BERGUNA BUAT NANGKAP GURITA

3.Sarung atau kaos
ini digunakan sebagai penutup telinga fungsinya agar kita terhindar dari masuk angin.Cara pakainya sarung atau kaos diikatkan di kepala.

4. Kumbung (Tempat meletakkan hasil tangkapan)
bentuknya mirip tas punggung tapi bukan taspunggung bisa buat sendiri atau beli.Buat pake ember terus dikasih tali.

5.Tangan
ini adalah alat yang sangat berguna untuk nangkap gurita karena dengan tangan inilah gurita hanya bisa ditangkap waktu berburu gurita. Kegesitan tangan anda sangat bmempengaruhi dalam penangkapan gurita.

6.Sepatu atau sandal
biasanya rata2 memakai sepatu untuk berburu gurita karena lebih aman terhindar dari batu2 atau karang yang ada dilaut, tapi saya lebih menyukai pake sandal alasanya simpel males pake sepatu (g suka yg formal2 soalnya heheheh)

7.Minuman (air putih lebih sehat)
Jangan lupa bawa yang satu ini, karena anda pasti haus saat anda berburu karena anda harus berjalan terus saat berburu.

Itulah alat2 yang biasanya digunakan atau dipake dalam berburu Gurita,Baju tidak disebutkan karena itu sudah wajib anda pake, masa anda berburu tanpa busana??(G bisa bayangin hehehe).
Dalam nyuluh (berburu gurita) tadi malam seperti biasa saya lakukan dengan abang saya tapi berangkatnya agak siang jam 2.30 malam dikarenakan didesa saya habis diguyur hujan. Tapi itu tak jadi kendala wong dari awal da diniati jadi ya berangkat. Sampai dilaut suasana rada sepi tidak seperti saat berburu gurita bagian pertama, mungkin orang2 pada malas karena habis turun hujuan.
Kali ini saya baca al-fatihah langsung diawal perburuan karena saya ingin mendapatkan gurita yang banyak pada perburuan kali ini heeehh..dan karena saya yakin dengan mukjizat-Nya. Waktu berjalan lama dan membosankan dalam perburuan kali ini dikarenakan air laut masih keruh karena habis turun hujan jadi kami tidak dapat melihat kepiting, gurita. Tapi yang namanya sudah takdir dan rizki akhirnya mata saya menangkap keberadaan gurita (kali ini dapat duluan dari abang saya tak tanggung2 langsung 2 heheheh *berkacak pinggang*,aduh!!jangan sombong *dipukul dengan serok sama abang saya* bukti manjurnya al-fatihah terbukti).
Setelah sekian lama berburu akhirnya abang saya inisiatif buat namabh perolehan cari rajungan sekalian, karena lagi males cari kepiting(soalnya yang makan kepiting cuma dia dan istrinya sampai mabok kepiting hehehehe). Rajungan??apa bedanya dengan kepiting??beda kawan..
1.Rajungan memiliki badan yang lebih ramping daripada kepiting (istilahnya rajungan tu seksi klo kepiting tu ndut)..
2.badan rajungan memiliki motif atau bercorak sedangkan kepiting polos.

3.pada kondisi mentahnya rajunagn memiliki banyak warna ada yang biru, hijau dan lainya tapi klo sudah matang tetap saja orange..sedangka
n kepiting hanya satu warna mentah dan matang orange.
4.Rasanya lebih mantap Rajungan..klo g percaya dicoba saja..

mungkin masih banyak lainnya perbedaannya tapi kang tejo hanya tahu ini.biar lebih detil silakan dicek digambar ini.
Gambar Rajungan




Gambar Kepting
Kembali ke cerita yang namanya orang sombong tu pasti tidak akan menag jadi setelah sekian lama berburu g tanggung2 akibat ulah kesombonganku abangku langsung dapat 4 Gurita,,(waduh makanya g boleh sombong)..aku g mau kalah bacaan doaku al-fatihah semakin kumantapkan alhasil Allah mendengar doa saya..2 Gurita saya dapatkan lagi..Kedudukan seri ni..tapi yang namanya orang sombong tetap kalah jadi Allah maha adil abang saya dapat 1 gurita lagi..(makanya g boleh sombong sudah diingatkan *jitak kepala sendiri*). Dan gurita terakhir jadi tangkapan terakhir kami karena adzan subuh sudah berkumandang, kali ini kami pulang dengan bangga karena tangkapan gurita bertambah.Alhamdulilah..

Result Nyuloh session 2
9 Gurita (4 saya, 5 abang saya yang namanya junior ma ngalah heheeheh)
10 Rajungan
5 Kepiting
1 ikan..
1 udang..

akhirnya tuntas sudah hutang saya pada sedulur sekalian..semoga pengalaman ini dapat menjadi inspirasi bagi anda..Semoga bermanfaat..Ngantuk kang tejo ngelanjutin tidur dulu..zzzzzzz
Oh ya sebelum ridur mau ngingetin bagi sedulur yang belum baca session 1 silakn dibaca linknya dibawah ini..lanjut tidur..zzzzzzz
http://kang-tejo.blogspot.com/2010/02/berburu-gurita-di-tengah-malam-bukan.html

34 comments :

  1. weh misi octopus hunting masih berlanjut nih brow....dapetnya lumayan juga sob....pa kondisi lautnye stabil yah...soalnye denger2 katanya laut skarang2 ini ga bersahabat....sukses selalu brow....


    Best Regards
    dwell-articles

    ReplyDelete
  2. Rajungan??? Rasanya gimana kang?

    ReplyDelete
  3. hasilnya tambah..!!! tapi hasil kepiting turun 15 poin..
    hahahaha...

    ReplyDelete
  4. Pakai sarung di kepala seperti ninja dunk kang tejo ...nyulohnya semakin pandai aja nih dapt gurita 4 ..brw foto gurita hasil tangkapan nya sekalian atuhh foto bareng gitcuu..hehehe..

    ReplyDelete
  5. dapet banyak tuh,kalau dimasak gimana yach,pasti dech mamamia lezatoszzz

    ReplyDelete
  6. Waah asyik juga ya berburu gurita....
    kalo ane pernahnya berburu kerang ama tongkol pas masih sekolah di MA di Jepara dulu... Seruu banget, hasilnya pasti buuuanyak.
    Bisa dapet tongkol sampe 50 kg - 100 kg. Kalo kerang bisa ampe berblung-blung (Blung = Drum dari plastik yg biasa dipake nyimpen Air).....

    Mantab gan.........

    ReplyDelete
  7. sekalian izin buat follow yo kang,matur nuwun^_^

    ReplyDelete
  8. Ini serius ga sih kang....!!? ^^ kalo serius bagi2 donk tangkapannya... hehe..

    ReplyDelete
  9. @dwell:alahamdulilah laut didesa saya masih bersahabat mungkin pantai selatan yg lg kurang bersahabat klo pantura baek2 mbk..

    @rock:enak

    @maspeypeh:soalanya malaes buru kepiting heheheh

    @ipin:memang mirip ninja kang untuk bukan musim ninja2 kaya dulu yg bunuh2 kyai jadi g ketangkap massa heheh...g punya foto jadi g bisa foto kang ipin..

    @angger:klo suka enak,klo g suka ya g enak hehehe

    @austyle:klo buru kernag juga pernah biasanya klo waktu ponakan liburan cz nganterin dia berburu kerang..klo tongkol g cz kang tejo g pandai berenang heheh

    @angger:ok sudah kang tejo follow balik

    @mizan:serius kang kan kemarin da dibilang real story from my life?????

    ReplyDelete
  10. hmmm..... g wes.. aku nunggu di anterin ke rumah ae..
    g ikutan nyemplungnya ke laut..
    hehehehe... (takut soale)

    ReplyDelete
  11. judulnya menangkap gurita, tapi kok ternyata rajungan, kepiting, ikan, udang juga ikut di sikat? aji mumpung apa maruk neh kang. Ter-la-luh.... bagi2 dong hahahaha btw, enakan mana kepiting apa rajungan? blom pernah nyoba rajingan euy. namanya juga baru kali ini dengar :P

    ReplyDelete
  12. @ kang tejo: Kalo tongkol, berburunya pake pancing lah kang... jd ga perlu nyemplung....
    @ kucing tengil: Sama2 enak, cuman rasa rajungan lebih manis dr pada kepiting... (kalo gak kebalik sih, dah agak lupa cos dah lama ga mkn kpiting/rajungan ) wkwkwkwk....

    ReplyDelete
  13. @yani:dilaut g da situng jadi g usah takut wwkwkwkkwwk

    @kucingtengil:dua2nya ya aji mumpung ya maruk heheheh...enakan rajungan bener kata kang austyle rajungan lebih manis..makanya jangan makan laba2 saja mia sekali-kali makan rajungan heheh

    ReplyDelete
  14. Kang tejo demi meneruskan perjuangan *hehehe* Tag food for soul dari mas akhmad dan Bang Munir ardi yang belum terselesaikan bagaimana kalau kang tejo saya yang teruskan Tag A samapi Z.

    oke selamat bertag ria aja hehehhe

    ReplyDelete
  15. kayanya enak tuh, bagi donk!!!!

    ReplyDelete
  16. Wah.. aku telatttt....
    Di session yang pertama aja aku belom bisa komentar sekarang dah ada session kedua.. Tapi kali ini komenku pasti terkirim deh, coz internetnya joss banget (aku lagi diwarnet..hehehe)

    Btw, pertanyaanku, itu guritanya diapain bro ? dijual ato dikonsumsi sendiri? kirim ke surabaya donk ? coz belum pernah tahu rasanya nih,di pasar ga ada yang jual gurita.. :D

    ReplyDelete
  17. salam sobat
    ih ngga takut ya ,tengah malam berburu gurita,
    cuma pakai lampu petromax ,
    salam kenal mas Tejo,,

    ReplyDelete
  18. coba orang kpk baca... bisa dipraktekan bos

    ReplyDelete
  19. ada award buat kang tejo,dipinang ya kang,sahabat yang lain juga boleh ambil

    ReplyDelete
  20. Malam minggu nyuloh bawa kamera di perahu kang biar bisa di foto tuggh guritanya hehehhe

    ReplyDelete
  21. asyiiik tuuh berburu gurita, kan lagi rame2nya tuh gurita banyak yang nyari. tapi aneh yaa koq yang dapet itu kepiting / rajungan, hati2 sobat ntar ketangkep. mendingan kabuuur

    ReplyDelete
  22. udah dimasak belom kang?
    ikutan icip-icip.. ^^

    ReplyDelete
  23. rajungan ama kepiting hampir mirip sihh...
    agak susah bedainnya...hehehe

    ReplyDelete
  24. Enakan kepiting atau rajungan..??
    hehe
    kok kearah makanan nih muaranya.. ^_^

    kegiatannya sudah seperti main game online saja,, mencari Quest untuk naik level..
    hahahaha

    lumayan dapat 9 gurita...
    enaknya diapain yah selanjutnya..??

    ReplyDelete
  25. wah kpn2 maen ke rumah kang tedjo ah, boleh kn kang berburu gurita bareng, hohoho kok kesannya romantis bgt yah..
    hiiii..

    ReplyDelete
  26. kalo gurita yang pake dasi harganya pasti lebih mahal kang.. he he.. wah profesi kang tejo mantaf bgt; bener dah enak rajungan ane pernah noyba waktu di jepara (nebeng makan doang) he he

    ReplyDelete
  27. tak pikir berburu tokek kang tejo heheheh, ternyata gurita, lumayan nih buat nembak SEO google

    ReplyDelete
  28. wah,,nambah pengetahuan lagi nih,,
    ma kasih sobat,,salam kenal

    ReplyDelete
  29. Ikut Sob, ikuuuuttttt *mupeng...* :p

    ReplyDelete
  30. @mbak lina:dimasak sendiri mbak

    @phonank:enakan gurita kang

    @shinkun:monggo2 kang, tapi klo masuk angin g tanggung saya hehe

    ReplyDelete
  31. saya pecinta rajungan, rajungan di banjarmasin banyak banget 3000 satu ekor,...
    btw apakah betul rajungan katanya haram, itukan kepiting , hidupnya dua alam......

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1