Tuesday, June 28, 2011

Film Source Code (2011) Vs Film DejaVu (2006);Serupa tapi tak Sama



"Dari Masa sekarang, menuju masa lalu, untuk merubah masa depan"

Serupa tapi tak sama, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kedua film sci-fi,action,thriller ini. Dengan Formula yang sama dari masa sekarang, ke masa lalu untuk melakukan misi menemukan sang pengebom, sehingga menghasilkan masa sekarang yang berbeda dengan sekarang (basa gampangnya masa depan).Selain formula story yang memiliki persamaan, tokoh utama dalam kedua film ini pun jatuh cinta dengan seorang perempuan yang berasal dari masa lalu (masa lalu disini bukan masa yang beribu-ribu tahun sebelum masehi atau masa purba, atau masa 2 tahun yang lalu, tapi masa selang beberapa jam) dan merubah takdir sang perempuan tersebut.


Meskipun memiliki formula yang sama tapi saya lebih menikmati Film source Code, dibanding film Dejavu. Source Code buah tangan Duncan Jones ini membuat seolah saya adalah bagian dari film ini, saya diajak berpikir sebenarnya apa yang sedang dialami sang capten colter stevens(Jake Gylenhaal) ini, dengan dialog-dialog yang cerdas antara sang capten dengan godwin. scene demi scenepun digambarkan dengan apik, emosi para pemainpun digambarkan sangat baik oleh para aktor-aktrisnya. Dan Michelle Monaghan berhasil sebagai pengalih perhatian dan pemanis dalam film source code ini, meskipun sudah agak tua, tapi dia terlihat masih muda seperti saat ia bermain dalam film Armageddon hahahah.


Awalnya saya mengira film source code ini adalah film tentang hacker atau para ahli pemrograman (programer) seperti film Anti-Trust, Swordfish, Die Hard 4, Eagle eye atau Hackker-nya angeline jolie, dan ternyata tebakan saya meleset hahhaha. Saya tertipu degan istilah source code yang dipake dalam judul film ini, dan saya jadi penasaran algoritma apa yang dipake oleh (hmm lupa nama instansi pemerintahnya???) sehingga menghasilkan program source code sebuah program yang memungkinkan seseorang untuk menyeberang ke identitas orang lain selama 8 menit (basa gampanya roh seseorang masuk ketubuh orang lain..layaknya hantu xixiixixi). Dalam film ini kapten stevens dikirim ketubuh Ted atau siapalah namanya untuk menemukan pelaku bom dikereta api yang akan melakukan pemboman masal lagi. Berhasilkah sang kapten?meskipun anda belum menonton film ini, pasti anda akan menjawab 100% berhasil, karena itu merupakan pertanyaan yang klise. Tapi untuk menggapai ending yang klise yaitu keberhasilan dalam misinya, kapten steven mengalami intrik yang sangat menarik, film ini lengkap action, drama,thriller, misteri, sci-fi semua ada disini.Jadi jangan sampai anda lewatkan film yang satu ini.



Sedangakan untuk film Dejavu, tokoh sentralnya adalah seorang penyelidik atau apalah agak lupa yang diperankan denzel washington. Yang bertugas menyelidiki pelaku pengeboman kapal pesiar,scene demi scenpun juga berjalan apik, music scoringnya mengingat saya dengan film trilogy bourne. dalam fil ini denzel washington dikirim ke masa lalu melalui sebuah mesin layaknya seperti mesin waktu. potongan2 puzzle pun disajikan sangat apik dalam film ini, setiap scene seolah ingin menggambarkan bahwa kita mengalami dejavu, karna pernah mengalami hal tersebut..Dan seperti saran saya untuk menonton film source code, andapun jangan melewatkan film Dejavu, yang berbeda skor 0,7 di IMDB dengan source code yang mendapat nilai 7,7. Oh ya Film Dejavu merupakan buah karya Tony Scott yangtelah menangani banyak film salah satunya Unstopable tahun 2010 kemarin.Unstopable maerupakan film upaya penghentian kereta api yang remnya blong..yang masih sama dibintangi oleh sang aktor kenamaan hollywood denzel washington ini..

Seperti dalam kehidupan nyata kegagalan tidak akan lepas dialami seseorang untuk menuju sebuah keberhasilan, hal inipun terjadi dalam kedua film ini..Kita diajarkan berjuang meraih keberhasilkan sampai daya limit tenaga kita..kita jangan menyerah karena kitalah yang dapat merubah takdir kita, tak terkecuali takdir kematian..

Soal kematian manusia memang bisa menundanya, tapi bukan dengan cara pergi kemasa lalu terus merubah masa depanya, melainkan dengan sedekah. Tuhan dalam firmanya menegaskan, "dengan sedekah akan Aku(Tuhan) panjangkan umurmu".
Untuk MenDownload Film Source Code (2011) dan Dejavu (2006) silakan mengunjungi www.ganool.com, sedangkan untuk subtitle indonesia-nya bisa mengunjugi www.subscene.com..ANd selamat menikmati kedua film ini and welcome to dunia sciens dan teknologi..Jika menonton film ini ada baiknya anda ikut berpikir siapa sebenarnya pelaku dari kedua pengeboman yang terjadi dalam film ini.Jika anda berhasil menebaknya siapa tahu andalah orang yang pantas menjadi Detective untuk menyelidiki kasus2 pembenuhan, pengeboman dinegeri ini hahhaha

4 comments :

  1. hehe....terus terang saya belum nonton film Source Code jadi ga tau jalan ceritanya...

    salam kenal

    ReplyDelete
  2. klo ga salah sutradaranya yang bikin film fast and furious, pasti keren lah, spesial efectnya aja gila banget.. impian gue punya bengkel mobil yang hitech kaya di film itu kira-kira pada sanggup bayar servis ga ya..?

    ReplyDelete
  3. film ini keren.. klo ada yang pengen beli jamnya gw ada koleksinya...
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9853366

    ReplyDelete
  4. waduh, padahal lebih dulu DEJAVU tp yg aku tonton baru source-code itu :D
    hmm yaa baru 1 minggu yg lalu aku tonton tu source-code, iya awalny aku kr jg tentang hacker soalny keburu d iming"i kata "Code" jd brimaginasi ksana deh.

    iya filmny keren, dgn ending yg mengharukan jg ciamik dah.

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1