Saturday, August 29, 2015

Cara Mengatasi Google Chrome Eror,Not Responding atau Crash di Windows 8

Kamu mengalami masalah dengan browsermu khususnya Google Chrome yang mengalami eror,not responding,stuck atau crash di windows 8.Ikuti tips dan trik ini semoga dapat membantumu memecahkan masalah crhome-mu.

Untuk ukuran browser sejuta umat,chrome memang sangat mengecewakan mengalami crash seperti ini.Entah mengapa setelah windows saya secara tak sengaja mati secara paksa dan saya hidupkan PC saya lagi saya mengalami chrome saya crash,not responding.Awalnya saya kira dengan safety mode windows dan menginstall ulang google chrome masalah ini akan selesai.


Setelah saya install ulang dan saya jalankan chrome memang benar,Chrome berjalan lancar dalam kamuflase dan tidak ditemukan eror.Tapi setelah shut down komputer dan nyalain lagi komputer.Voila,chrome kembali eror.Pada kasus saya window/jendela Chrome tidak muncul di monitor dan saya tidak dapat mengakses windows menu kiri pojok bawah.serta layar saya stuck not responding.dan akhirnya saya gunakan task manager untuk mengakhiri proses chrome.dan layar saya kembali normal.

Ada 2 Tips yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi eror chrome di windowsmu.Tips pertama dari support google dan tips ke-2 dari otak atik saya sendiri.Anehnya saya sukses dengan tips 2 meskipun sepertinya trik ini adalah trik yang agak bodoh hehehe.

TIPS 1
Tutorial ini berguna bagi beberapa orang dan berhasil mengatasi Permasalahan Crash,Not Responding pada google chrome.Namun tak berfungsi untuk saya,jadi silakan gunakan cara ini dulu untuk mengatasi crash atau eror pada google chrome kalian.Jika cara ini tidak berfungsi pada kalian,silakan pake Tips 2 yang saya jabarkan dibagian bawah.

1. Klik Tombol Windows (yang ada pada keyboard) + tekan tombol E (tekan bersamaan) untuk membuka windows explorer.
2.Setelah masuk windows explore ketikan perintah berikut pada ddress bar windows explorermu:
memasukan perintah ke addres bar
    Windows
  • Windows XP: %USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\
  •  Windows Vista/ Windows 7/ Windows 8: %LOCALAPPDATA%\Google\Chrome\User Data\
   Mac OS X: ~/Library/Application Support/Google/Chrome/Default
    Linux: ~/.config/google-chrome/Default 

3.Click OK
4.Setelah memasukan perintah pada addres bar,maka akan muncul windows user data seperti gambar dibawah ini, ubah nama folder "Default" menjadi  "Backup."


5.pindahkan folder "Backup" dari "User Data" folder ke folder atasnya yaitu "Chrome" folder.
6.Pergi Start menu windows dan di kolom search : ketik "Run".
7.Masukan perintah di run box : SFC.EXE /SCANNOW (setelah SFC.EXE jangan lupa spasi baru kemudian ketik /SCANNOW.


dengan ini,maka microsoft utility akan menscan sistem komputermu dan memperbaiki permaslahan pada komputermu.setelah kamu tekan enter dan akan muncul popup cmd sebentar.maka voila Tips 1 telah selesai dilakukan.silakan restart komputer anda dan jalankan chrome lagi.Jika masalah kamu telah beres kamu tidak perlu menggunkan tips ke-2 ini.tapi jika chrome tetap eror,ada baiknya kamu mencoba Tips ke-2 ini.

TIPS 2
Mungkin cara ini termasuk cara yang aneh dan agak bodoh,tapi tak apalah yang penting permasalah saya beres setelah bolak balik menggunakan cara diatas yang saya kutip dari help center google chrome namun belum dapat mengatasi crash-nya google chrome di windows 8 heheh .Setiap saya menyalakan pc dan menjalankan google chrome entah mengapa chrome selalu crash dengan windows 8 saya.
  1. Pertama,kamu harus punya mozilla firefox di PC-mu yang sudah kamu install (Jika belum,maka segeralah install)
  2. Setelah menyalakan windows.Jangan buka chrome sebelum kamu membuka firefox
  3. Karena permaslahan chrome yang crash akan hilang saat kamu membuka chrome setelah kamu buka firefox.Windows 8-mu tidak akan crash lagi dengan chrome-mu.
  4. Jika Firefox tidak kau perlukan untuk browsing,kamu boleh menutup firefox dan chrome tetap normal.
  5. Namun setelah kamu menutup firefox,jangan sekali sekali kamu menutup chrome-mu jika kamu nantinya masih menggunkan chrome.karena jika kau tutup chrome dan firefox,kemudian kamu jalankan chrome lagi tanpa menjalankan firefox terlebih dahulu maka Chrome akan crash lagi dengan windows-8 mu.
  6. Jadi selalu buka chrome setelah kamu buka firefox
Sebuah tips yang aneh dan terkesan bodoh bukan?namun tips ke-2 ini sangat berfungsi buat saya karena saya tidak mungkin bolak balik install dan uninstall google chrome saya karena itu akan sangat membuang waktu.Kedua,Chrome adalah browser paling stabil menurut saya tanpa plugin flash bisa menjalankan web yang menggunakan flash.Semoga tips ini berguna buat kamu.Jika kamu masih mengalami masalah.silakan tinggalkan koment kamu dan semoga saya bisa membantu :D.Happy Chrome.

20 comments :

  1. thanks infonya
    nanti akan saya coba, semoga bisa

    ReplyDelete
  2. Iyaa nih chrome yg saya pakai sering not responding bikin kesel emang, saya coba dulu cara pertama

    ReplyDelete
  3. Perlu di coba nih gan soalnya browser chrome ane sering error

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. itu kang, grgr tanggal atau waktu di laptop ga sesuai jadi suka gitu

      Delete
  5. penggantian nama folder default menjadi backup tidak bisa dilakukan lalu muncul box...folder in use ..gmn min

    ReplyDelete
  6. Thank you gan, udah beres. Lagi mepet juga, mozilla gue juga cuma connecting padahal internet connectionnya jalan. Thanks

    ReplyDelete
  7. mas ini saya kok gak bisa saat folder "Default" di ubah menjadi "Backup"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin chromenya kebuka, coba turup dulu mas

      Delete
  8. Kang tejo, Izin Copat tips yang pertama ya!!! Soalnya google crhome saya sering error, dan Tips pertama selalu manjur untuk digunakan... Dan 100% Berhasil,, Cek di Luffyinter.net

    ReplyDelete
  9. UNTUK WINDOWS 10 CARANYA GIMANA GAN ?

    ReplyDelete
  10. Terima kasih Gan, Mudah-mudahan iji jadi solusi memperbaiki chrome saya yang sering crash.

    ReplyDelete
  11. Sangat Membantu, terima kasih Kang Tejo

    ReplyDelete
  12. Mohon solusinya...google crome sya gak bisa buka sama sekali.ktnya aplikasi error.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pc atau android coba install ulang chromenya mbak

      Delete
  13. misi min mohon solusinya.. saya baru beli laptop min tapi chrome not responding terus.. solusinya gimana ya min.. terimakasih

    ReplyDelete
  14. sering kok komputer saya lemot waktu saya lagi online,,,, ada bacaan not responding lama bangetzzz, makasih ah infonya

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1