Tuesday, February 9, 2010

Berburu Gurita di Tengah Malam (Bukan Cerita Hantu, Apalagi Politik) Session 1

kali ini kang tejo posting yang laen dari biasanya, ini adalah the real story from my life(bener g basa inggrisnya?) heheh, karena istilahnya klo warung makan yg dijual tiap hari menunya sama terus g da inovasinya pasti pelanggnnya pada bosen(aslinya lagi males nulis hal2 yang perlu investigasi)..hehehe

Alkisah cerita ini terjadi kemarin tengah malam(8 Februari 2010) tepatnya jam 2 malam, seperti biasa tiap bulan Februari sampai Juli adalah musim berburu gurita didesa saya..Ini adalah moment yang selalu saya tunggu ketika saya pulang kampung..Berburu GURITA?..hati2 jangan sampai anda salah nangkep cerita ini dan menghubung-hubungkan cerita ini dg cerita hantu gurita atau gurita cikeas, karena cerita ini tidak ada hubungannya dengan cerita hantu (khususnya hantu gurita) yang sering muncul tengah malem menakut-nakuti manusia karena iseng, bales dendam atau cuma karena pengen nongol dicerita ini. Apalagi gurita yang lain yaitu Gurita Cikeas yang akhir-akhir ini lagi booming di media massa negeri ini(meskipun sudah mulai agak g terkenal lagi).Makanya postingan ini kang Tejo beri judul Berburu Gurita di Tengah Malam (Bukan Cerita Hantu, Apalagi Politik) untuk ngasih penegasan bahwa cerita ini nggak ngikuti tren hantu2an atau seputar politik yang lg trend di negeri ini heehhehe..Mungkin sebagian dari anda belum tahu apa itu Gurita heheheh..

Gurita menurut Wikipedia Indonesia

Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita dalam bahasa Inggris disebut Octopus (Yunani: Ὀκτάπους, delapan kaki) yang sering hanya mengacu pada hewan dari genus Octopus. Gurita memiliki 8 lengan (bukan tentakel) dengan alat penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa.
Gambar ilustrasi si gurita idola dalam berburu

Selain berburu gurita, biasanya saya juga berburu kepiting, udang dan ikan2 kecil.Pokonya klo lewat didepan kang tejo pasti disikat(tapi lihat2 dulu ukurannya besar atau kecil,klo besar disikat klo kecil dibiarin karna kang tejo masih punya rasa kemanusiaan hehehh) .

Kepiting Menurut Wikipedia Indonesia

Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari infraordo Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam dan rajungan juga termasuk dalam infraordo Brachyura. Kepiting sejati mempunyai lima pasang kaki; sepasang kaki yang pertama dimodifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan untuk bergerak

Gambar ilustarsi si kepiting yang ikut2an jadi korban perburuan

WARNING:JANGAN BAYANGKAN KEPITING YANG KANG TEJO DAPAT UKURANNYA SEPERTI GAMBAR INI YANG GEMUK DAN BERISI..KARENA SESUNGGUHNYA ITU FITNAH.. karena kepiting yang kang tejo dapat kepiting nya kurus2 tapi alhamdulilah bisa dimakan walau penuh perjuangan untuk membuka kulitnya(sampai2 jadi HULK..heheheh)...
Setelah anda mengenal Gurita dan Kepiting(udang tidak kang tejo terangkan, soalnya waktu berburu bagian pertama ini belum dapat udang) sekarang kita masuk jalan ceritanya. Alhmadulilah desa saya letaknya dipantai utara sehingga saya dapat menikmati asalah satu nugrah laut yang diberikan Allah kepada manusia.
Berburu Gurita ditengah laut atau biasa orang-orang desa saya menyebutnya nyuloh(untuk selanjutnya berburu gurita saya sebut), adalah sudah kebutuhan hidup masyarakat didesa saya, mereka melakukan kegiatan nyuloh ini dengan berbagai alasan ada yang karena sebagai tambahan penghasilan karena hasil nyulohnya nanti akan dijual dipasar, atau untuk lauk pauk sendiri, atau sekedar mencari hiburan. Klo bagi saya nyuloh sebenarnya boleh dibilang sudah menjadi hiburan , karena ketika sayamenemukan Gurita dan berhasil menangkapnya ada kebanggan tersendiri dalam diri saya. Bayangkan dengan keadaan laut yang begitu luas saya harus berkeliling mengelilingi laut berjam-jam dan jika beruntung kita akan memperoleh Gurita si maskot perburuan kita.
Seperti biasa saya melakukan berburu gurita ini dengan abang saya, dia yang mengajari saya seluk beluk dan teknik dalam berburu gurita dan kepiting. Sebenarnya abang saya ragu apakah kami akan berangkat berburu gurita atau tidak karena kaki saya sebelumnya terkena paku dan mengiris telapak kaki saya waktu saya sedang membantu bapak saya diladang. Tapi saya dengan mantap mengatakan "Nanti juga sembuh sendiri, apalagi terkena air laut, yang konon katanya dapat menyembuhkan luka"(dengan gaya Kepahlawanan seperti hero2 di TV yng menyembunyikan rasa sakit lukannya setelah nolongin cewek..*sambil menahan rasa sakit*hehehehhe)..G boleh ada halangan untuk malam ini berangkat nyuloh, itulah yang saya tanamkan dalam diri saya...hahahahahh (lebay mode on).
Akhirnya jam 2 tengah malam-pun kami berangkat, setelah melakukan persipan yang matang dan dirasa cukup perbekalannya(masalah peralatan insyaallah akan saya bahas disession- ke 2)..Sebenarnya nyuloh tidak harus dilakukan jam 2 tengah malam, tapi karena air laut surutnya tengah malam jadi kami berangkatnya tengah malam. Kegiatan nyuloh ini sangat bergantung terhadap pasang surutnya air laut serta padang bulan atau Bulan Purnama. Jangan sekali-kali anda melakukan kegiatan nyuloh pada bulan purnama karena anda tidak akan mendapatkan gurita satu-pun karena bulan purnama mungkin adalah waktu dimana gurita berkumpul dengan keluargaanya heeehehh..ini kenyataan karena saya pernah ngalamin sendiri dan ini sudah menjadi hal umum didunia pernyulohan tapi alasannya kenapa idak ada gurita bukan seperti yang saya tulis diatas, karena g ada yang tahu hehehe..
Niat dalam hatipun ditata dengan harapan dapat gurita dan bagi abang saya untuk memenuhi kewajiban suami mencari kepiting karena istrinya ngidam makan kepiting (kepahlawanan suami yang patut ditiru heheheh)..Akhirnya setelah berjalan sekitar 5 menit dari rumah, kamipun sampai dilaut..kamipun masuk ke-laut dan melakukan kegiatan perburuan. sambil ngobrol g jelas heheheh.kami berjalan dari timur ke barat, dari bibir laut sampaai tengah laut (tapi g tengah sekali)..waktu terus berjalan waktu menunjukkan 1.30 tapi kami belum dapat gurita satupun baru dapat kepiting, iri rasanya melihat orang-orang yang sedang melakukan perburuan gurita sudah mendapatkan gurita..dalam berburu gurita tidak boleh nyerah itulah intinya akhirnya abang saya-pun dapat gurita juga..setelah cukup lama berjalan jam menunjukkan pukul 3.00 kami istirahat diatas karang kecil sambil minum dan membesarkan lampu..setelah sekitar 5 menit istirahat kami lanjutkan perburuan kami, abang saya memulai pembicaraan "kamu g dapat gurita sama sekali, mana keahlianmu seperti biasanya?.." ucap abangku sembali bercanda.."mungkin karena air lautnya agak keruh dan guritanya juga masih kecil2 soalnya musim nyuloh baru dimulai jadi g bisa ngelihat guritanya", saya melakukan pembelaan heheheh..
Sejurus kemudian saya berdoa pada tuhan sambil membaca al-fatihah agar dapat melihat gurita dan menangkapnya..akhirnya doa saya terkabul, radar mata sayapun menangkap adanya gurita.."Alhamdulilah akhirnya dapat"..kebanggan tersendiri dalam diri saya, apalagi Gurita yang saya dapatkan lebih besar(hahhaah akhirnya dapat juga)...akhirnya jam menunjukkan pukul 4, kamipun sepakat pulang dan tidak disangka dalam perjalanan pulang ini lagi2 radar mata saya menemukan gurita yang jauh lebih besar dari gurita yang abang saya dapatkan dan gurita yang saya dapatkan sebelumnya(semakin ada kepuasaan dalam diris aya tapi tidak boleh sombong. itu tidak boleh)...memang benar klo mau berusaha dan berdoa pasti akan ada jalan yang diberikan Allah SWT, karena Allah tidak akan membiarkan hambanya yng mau berusaha dan berdoa kepada-Nya..sebelum sampai dibibir pantai Adzan subuhpun berkumandang dan tiba-tiba hujan turun.menutup hari kami berburu gurita dan kepiting dikala subuh ini...Alhamdulilah..(sembari berdoa gurita dan kepitingnya agar segera dimasak heheheh)

ini adalah hasil yang kami peroleh dari nyuloh alias berburu gurita di session pertama ini, karena insyaallah kami akan melakukan perburuan gurita lagi (maklum mumpung dirumah masih seminggu lagi perbnyak refreshing hehheee)

RESULT Nyuloh SESSION 1

7 Gurita
20 Kepiting
1 ikan kecil
kepuasaan (2 gurita berhasil saya dapatkan dengan radar mata saya, maklum abang saya lebih senior dia dapat 5 Gurita)
pemandangan yang MasyaAllah..

Insyaallah pada sesion ke-2 nanti akan kang tejo bahas mengenai perbekalan dalam perburuan gurita...Semoga postingan kali ini dapat membuat sobat sekalian sedikit tersenyum dengan membaca cerita ini..

Referensi (padahal pengennya buat yg g serius tapi tetep ada referensinya hheheeh)
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepiting
http://id.wikipedia.org/wiki/Gurita

35 comments :

  1. mbok Rizky d ajak berburu kang..... rizky pengen bgt gimana sih rasanya berburu apa lagi berburu kepiting ama gurita, pasti asyik yah kang

    ReplyDelete
  2. berburunya kok tengah malam kang? jangan2 berburu di stasiun ~_~"

    ReplyDelete
  3. wehhh... nih akang bahas kerjaan sambilannya yah....btw nih pantai selatan mana????nices inpos sob


    Best Regards
    dwell-articles

    ReplyDelete
  4. wah kang tejo..
    makan enak neyh..
    trus ne yang buat disini g di kasi suguhan gurita juga??
    pasti enak kalo di suguhi hasil tangakapnnya kang tejo..
    ditunggu lo kang hasil lautnya..
    maklum disini kan cuma ada gunung..
    g ada lautan..
    jadi jarang2 orang gunung makan hasil laut..
    ^_^

    ReplyDelete
  5. pengalaman asik tuh...jdi pengen ikut....

    ReplyDelete
  6. whehehe... klo ane sih lebih suka berburu gurita di supermarket... ^^v .. lumayan tuh buruannya kang itu mo diapain kang??
    ^^

    Eh sory y kang, komenk di blog ane lg sulit, emang lg eror, abis ngedit template (templatenya ane jg sama skali belum berubah -_-' gra2 eror)

    ReplyDelete
  7. Membaca cerita petiualangan kang tejo memburu guriota kelihatanya asyik juga yahh..nyuloh malam2 apa gak ngantuk??kenapa gak siang hari saja kang..??
    Kenapa gurita tak mahu keluar di saat purnama>>??karena takut berubah menjadi gurita cikeas kali yahh hehehhehe *maaf Pak SBY*

    ReplyDelete
  8. Gurita sama cumi apa bedanya kang ..??>??
    oke dehh...di tunggu session ke 2 nya kangg..

    ReplyDelete
  9. wew... kirain nangkap guritanya di Cikeas hahahahaha maksangubungin.com
    Mia ga suka ma gurita, apalagi tentakelnya itu loh. cereeeeem.... >_< tapi kalo dijadiin takoyaki ga apa2 deh hahahaha

    btw kang, baru tau Mia, doa buat nangkap gurita itu bisa pake Al-fatihah wkwkwkkwkwk ada2 aja kang Tejo ini.

    oh ya, ada awards buat Kang tejo dirumah mia tuh. diambil yaaaa

    ReplyDelete
  10. salam kenal kang tejo,kunjungan perdana nich,

    ReplyDelete
  11. kalau berburu saya mau tuh kang tejo,apalagi kepiting ama gurita semangat tuh buat buru mereka...ehehe

    ReplyDelete
  12. @Rizky: selamat anda dapat pertamanya karena susah dpt pertamanya diblog saya hahha...asyik berburunya tapi asyik juga capeknya heeheheh.

    @bobok:emang ada apa distaasiun tengah malam anak muda?pasti sudah berpengalaman hehehehe

    @dwell:wah mbak satu ini g baca seluruh postingan ini..sudah kang tejo jelaskan bahwa tempatnya di Pantai Utara bukan pantai selatan mbak..terimah kasih telah bergabung,,,

    @yani:klo mau ambil saja kerumah saya hehehe..klo bawa kemalang malas nak muda..karena baunya amis..kasihan nanti buat yg satu bus dengan saya heheheheh

    @mizan:waduh klo berburu disupermarket bayar kang..klo inikan gratis,,buruannya sudah habis dimakan kemarin..uenak tenan..

    @adin:silakan2 klo mau ikut...

    @arfi:terimah kasih buat tertawanya..misi kang tejo berhasil karena niat posting ini biar ada yg tersenyum heheheh

    @Ipin:aslinya ngantuk kang, bagaimana lagi wong namanya resiko dari kegiatan ya harus dijalani heheh.,kenapa g siang hari nyulohnyakan telah saya jelaskan kang ipin karena air surutnya baru tengah malam,,weleh2...PELANGGARAN PERTAMA!!!kan sudah saya bilang g boleh bawa gurita cikeas kang nanti ada yang marah hahahahahaah..

    @matodis:beada kang klo gurita bentujnya kaya diatas klo cumi2 silakan dicek disini http://id.wikipedia.org/wiki/Cumi-cumi susah klo jelasinya heheheeh..sabar kang ditunggu saja hehehe..

    @kucingtengil:PELANGGARAN KEDUA!!!sudah dibilang g bleh menghubungkan dg gurita cikeas tetap dihubungkan heheheeheh...ah itu ma mia yang doyan..
    Al-Fatihah itu ibu dari setiap doa mia..mia dapat gunakan al-fatihah untuk berdoa apa saja tapi tetap harus dg niat yang kuat itu kata guru ngaji saya..
    terimah kasih awardnya..
    Akhirnya bisa bikin miaw tertawa juga(bangga mode on)

    ReplyDelete
  13. Kang tejo lagi nembak SEO google kah? hehehe

    ReplyDelete
  14. hehe, saya tahu perjuangan membuka kulit kepiting. fiuuhhhh rasanya, bikin ati jadi pegel sendiri kalo kulitnya keras banget. nice story sib. keep share

    ReplyDelete
  15. @rifkymedia:pengenya gitu kang tapi masih belum masuk2..ada triknya g?bagi2 kang

    @agusta27:hahahha senasib sepenanggungan kang..sama2

    ReplyDelete
  16. @angger:salam kenal juga semoga tidak bosan berkunjung ke rumah saya

    @glife:ayo berburu kang heheheh

    ReplyDelete
  17. kapan aku dikasih.. wes mulai 2thn yg alu mek di critani tok.. he he he

    ReplyDelete
  18. Berburu gurita....seru juga bacanya Kang. Ngomong2, gurita rasanya seperti apa ya, seperti cumi2?

    ReplyDelete
  19. wow asyik juga tuh... berburu gurita, emang lagi musim2 nya niiih

    ReplyDelete
  20. hihi...saya belum pernah mkn kepiting sama gurita kang, kasian sekali yah...

    ReplyDelete
  21. wah dapat banyak tuh gurita nya, bagi2 lah kang,. emang gurita enaknya dimasak apa ya kang.

    ReplyDelete
  22. ah kang tejo jahat..
    g asik..
    masi di iming2i di tulisan doang..
    realisasikan dong dengan bawa ke malang..
    di bungkuns ma alumunium foil mas..
    dah aku kasih tips tuh..
    wkwkwk...

    ReplyDelete
  23. WAh ASiQ juga tuch Buru Gurita hhe.....

    KApan2 bareng LAh Kang Berburunya hhe...

    ReplyDelete
  24. @raga:dijak g gelem melu yo rugi ga heheheh

    @lina:rasanya enak mbak heheheh..rasanya beda ma cumi2..silakan berburu gurita n cumi2 kemudian dibandingkan rasanya hehehe

    @rumahcurhat:cari aja kang dipasar atau disupermarkrt banyak

    @tentangku:bisa apa saja kang, pepes, digoreng dll kurang paham juga cz biasanya tinggal makan heheheh

    @yani:bukanya jahat, bukanya g asik...tp bawaan saya berat nak muda..maknya berkunjung saja kerumah saya wkwwkkwwk

    @ferdinand:monggo2

    ReplyDelete
  25. hmmmm....
    yawes..
    ntar aku tak berkunjung..
    tapi siap terima orderan ya..
    sekali di order gurita langsung datang sak bakulnya..
    hahahaha...

    ReplyDelete
  26. Kepiting, ama Gurita enak tuh dibikin sushi...

    ReplyDelete
  27. betul Mbak Ira tuh kang.
    Kepiting ma Gurita memang enak klo dibikin sushi. Tapi....
    saya kan cah ndeso dan belum pernah nyicipin si Susi.

    ReplyDelete
  28. perburuan yang menyenangkan, minta guritanya dong aku juga mau! asal jangan gurita bayi atau gurita cikeas!

    ReplyDelete
  29. Perburuan mengasyikkan ni, Kang.
    Dulu pernah saya suka nyuluh belut di malam hari.

    ReplyDelete
  30. emangnya gurita enak dimakan ya? hmmm...

    ReplyDelete
  31. kang kunjungan perdana... sekarang posting berburu gurita...

    Besok di diposting cara memasak gurita yang enak kang. terimasih

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1