Friday, February 5, 2010

Indonesia adalah The Lost Atlantis ?

Phew akhirnya kelar juga nulis postingan ini setelah seharian penuh berjuang mencari data-data serta menyusun postingan ini agar menjadi tulisan yang enak dan runtut untuk dibaca.
Bismillahirrahmanirrahim..Ok langsung saja.Jika anda pecinta mitologi yunani serta cerita mengenai dewa-dewa yunani pasti anda sering mendengar tentang atlantis.Percayakah anda jika ternyata Atlantis adalah Indonnesia?


Apa itu Atlantis


Atlantis, Atalantis atau atlantik merupakan misteri terbesar tentang sebuah tempat yang tidak pernah terjamah oleh manusia modern, bentangan daratan dengan peradaban tinggi yang tenggelam beberapa ribu tahun silam. Atlantis adalah pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam bukunya Timaeus dan Criteas karangan yang ditulis 360 SM.
Cerita tentang Atlantis ia dapatkan dari kisah perjalanan Solon ke kota Sais yang terletak pada distrik Sais, Mesir Kuno. Para pendeta di kota itu bercerita tentang sejarah yang telah dilupakan oleh orang-orang Yunani tentang sebuah bangsa besar yang pernah menyerang nenek moyang mereka ribuan tahun yang lalu. Selama tiga abad setelah kematian Solon, cerita itu terpendam begitu saja hingga Plato mengungkapkannya lagi dalam bentuk dialog.
Di dalam Timeaus and Critias, Plato menceritakan tentang asal usul negeri Atlantis, sistem pemerintahan, ritual serta bagaimana banjir dan gempa besar menelan negeri dan perabadan itu sembilan ribu tahun sebelum masa hidup Plato. Plato tidak menjelaskan dimana posisi peradaban yang tenggelam itu. Ia hanya menjelaskan bahwa bentangan neger iitu sama luasnya dengan gabungan Libya dan Asia Minor dimana di depannya tepat menghadap selat yang disebut sebagai Pillar Hercules.
Hingga saat ini, Atlantis tetap menjadi salah satu misteri terbesar dalam sejarah manusia. Sebagian ahli menyebutnya sebagai mitos, lainnya menganggap itu kenyataan sejarah yang belum bisa diungkap oleh umat manusia.

Hipotesa Lokasi Atlantis

Lokasi tenggelamnya Atlantis menjadi inti perdebatan selama berabad-abad. Berbagai teori dan spekulasi muncul mengenai lokasi tenggelamnya. Pada tahun 1882, Ignatius L. Donnelly mempublikasikan Atlantis: the Antediluvian World. Karyanya menarik minat banyak orang terhadap Atlantis. Donnelly mengambil catatan Plato mengenai Atlantis dengan serius dan menyatakan bahwa semua peradaban kuno yang diketahui berasal dari kebudayaan yang tinggi.
Sejak itu terdapat lusinan, bahkan ratusan - usulan lokasi Atlantis. Beberapa hipotesis merupakan hipotesis arkeologi atau ilmiah, sementara lainnya berdasarkan fisika atau lainnya. Banyak tempat usulan yang memiliki kemiripan karakteristik dengan kisah Atlantis (air, bencana besar, periode waktu yang relevan), tetapi tidak ada yang berhasil dibuktikan sebagai kisah sejarah Atlantis yang sesungguhnya.
Kebanyakan lokasi yang diusulkan berada atau di sekitar Laut Tengah. Pulau seperti Sardinia, Kreta dan Santorini, Sisilia, Siprus dan Malta; kota seperti Troya, Tartessos, dan Tantalus (di provinsi Manisa), Turki; dan Israel-Sinai atau Kanaan. Letusan Thera besar pada abad ke-17 atau ke-16 SM menyebabkan tsunami besar yang diduga para ahli menghancurkan peradaban Minoa di sekitar pulau Kreta yang semakin meningkatkan kepercayaan bahwa bencana ini mungkin merupakan bencana yang menghancurkan Atlantis.Terdapat wilayah di Laut Hitam yang diusulkan sebagai lokasi Atlantis: Bosporus dan Ancomah (tempat legendaris di dekat Trabzon). Sekitar Laut Azov diusulkan sebagai lokasi lainnya tahun 2003.
A.G.Galanopoulos menyatakan bahwa skala waktu telah berubah akibat kesalahan penerjemahan, kemungkinan kesalahan penerjemahan bahasa Mesir ke Yunani; kesalahan yang sama akan mengurangi besar Kerajaan Atlantis Plato menjadi sebesar pulau Kreta, yang meninggalkan kota dengan ukuran kawah Thera. 900 tahun sebelum Solon merupakan abad ke-15 SM.
Beberapa hipotesis menyatakan Atlantis berada pada pulau yang telah tenggelam di Eropa Utara, termasuk Swedia (oleh Olof Rudbeck di Atland, 1672–1702), atau di Laut Utara. Beberapa telah mengusulkan Al-Andalus atau Irlandia sebagai lokasi. Kepulauan Canary juga dinyatakan sebagai lokasi yang mungkin, sebelah barat selat Gibraltar tetapi dekat dengan Laut Tengah. Berbagai kepulauan di Atlantik juga dinyatakan sebagai lokasi yang mungkin, terutama Kepulauan Azores. Pulau Spartel yang telah tenggelam di selat Gibraltar juga telah diusulkan.

Antarktika, Indonesia, dibawah Segitiga Bermuda, dan Laut Karibia, Prof. Arysio Nunes dos Santos, Ph.D, dalam bukunya Atlantis, The Lost Continent Finally Found bahwa wilayah Samudra Pasifik dan Hindia termasuk (Sundaland) di Indonesia sebagai lokasi dari Atlantis. Sedangkan menurut kisah benua "Kumari Kandam" yang hilang di India menarik pararel dengan Atlantis dan menurut Ignatius L. Donnelly dalam bukunya, Atlantis: The Antediluvian World, terdapat hubungan antara Atlantis dan Aztlan (tempat tinggal nenek moyang suku Aztek). Ia mengklaim bahwa suku Aztek menunjuk ke timur Karibia sebagai bekas lokasi Aztlan.

Indonesia adalah The lost Atlantis


Diatas telah disebutkan bahwa salah satu hipotesa lokasi Atlantis adalah Indonesia yang dikemukan oleh Prof. Arysio Nunes dos Santos, Ph.D seorang fisikawan nuklir dan ahli geologi (profilnya dapat dilihat di sini) dalam bukunya Atlantis, The Lost Continent Finally Found. Dalam bukunya, Prof. Arysio Nunes dos Santos membahas mengenai realitas Atlantis sejak pertama kali diungkapkan oleh filsuf besar Plato, dalam dua setengah milenium lalu dengan membandingkan serta membantah secara ilmiah mungkin untuk pertama kalinya berbagai teori yang ada di lokasi Atlantis dan realitas, penulis menguraikan sebuah teori yang menempatkan secara definitif bahwa Atlantis tersebut berada di wilayah Indonesia.
Resensi mengenai buku ini dapat dilihat dilink dibawah ini:
http://rifkahakim.wordpress.com/2009/10/04/indonesia-the-lost-atlatis-the-lost-continent-finally-found/

Bantahan Indonesia adalah The Lost Atlantis

Bantahan ini dikemukan oleh Budi Brahmanty yang merupakan anggota dari KK Geologi Terapan FIKTM-ITB, dan anggota KRCB dan IAGI. Budi brahmanty menyebutkan lewat tulisannya bahwa tempat yang paling meyakinkan sebagai Atlantis adalah Pulau Thera di Laut Aegea, sebelah timur Laut Tengah. Pulau Thera yang dikenal pula sebagai Santorini adalah pulau gunung api yang terletak di sebelah utara Pulau Kreta. Sekira 1.500 SM, sebuah letusan dahsyat gunung api ini mengubur dan menenggelamkan kebudayaan Minoan. Hasil galian arkeologis memang menunjukkan bahwa kebudayaan Minoan merupakan kebudayaan yang sangat maju di Eropa pada zamannya.(berdasarkan literatur yang ia peroleh di Internet)
Serta memaparkan mengenai kelemahan hipotesa Prof Arysio Nunes do Santos yang kang tejo simpulkan sebagai berikut:
  1. Tidak terdeskripsi dari cerita Solon melalui Critias bahwa Atlantis berada di wilayah tropis
  2. Deskripsi geografis di sekitar benua mitos itu mengarah semua ke Mediterania
  3. Profesor Santos mengarahkan bingkai waktu Atlantis pada zaman es kala waktu Pleistosen. Zaman es terakhir (Wurm) terjadi pada maksimum 18.000 tahun yang lalu. Saat itu, tutupan es di kutub-kutub Bumi meluas hingga lintang 60 derajat, dan air laut di khatulistiwa surut tajam. Di Kepulauan Indonesia, sebuah pendapat mengatakan bahwa air laut surut hingga minus 140 m dari muka air laut sekarang. Maka, perairan Laut Jawa, Selat Karimata dan Laut Cina Selatan yang mempunyai kedalaman tidak lebih dari 100 m, berubah menjadi daratan. Itulah yang kemudian dikenal sebagai Sundaland.
  4. kebudayaan Indonesia pada Pleistosen Akhir, bahkan hingga awal Holosen (11.000 tahun yang lalu) masih budaya pengumpul hasil hutan dan berburu. Peralatannya adalah kayu, bambu dan batu, dengan rekayasa sangat sederhana. Mereka tinggal di gua-gua atau teras sungai dengan tempat bernaung dari ranting kayu dan dedaunan. Tidak ada pendapat satu pun yang menggolongkan budaya Paleolitik seperti itu sebagai budaya yang dianggap maju dan tinggi dalam pengertian yang sepadan ketika Plato menuliskan bukunya. (tulisan lengkapnya dapat anda lihat disini).
Selain itu Budi Brahmanty mengutipkan 24 syarat menjadi Atlantis, hasil kesepakatan para peneliti Atlantis dari 15 negara yang berkumpul di Pulau Milos, Yunani, dari 11 hingga 13 Juli 2005. Mereka bertukar pikiran mengenai keberadaan Benua Atlantis. Selama konferensi dengan judul “Hipotesis Atlantis – Mencari Benua yang Hilang”, para spesialis dalam bidang arkeologi, geologi, volkanologi dan ilmu-ilmu lain memperesentasikan pandangannya tentang keberadaan Atlantis, waktu menghilangnya, penyebabnya, dan kebudayaannya. 24 syarat tersebut dapat anda lihat disini. Dan menurut kang Budi Brahmanty sendiri bahwa dia lebih cenderung kepada pendapat yang menyatakan bahwa “the location of Atlantis was in Plato’s mind.”

Bagaimana dengan anda? Apakah anda prcaya bahwa Atlantis adalah Indonesia?semua itu terserah anda. Kita bebas mengeluarkan pendapat asal tidak melanggar hak asasi manusia serta melanggar etika dalam mengeluarkan pendapat dan yang terpenting berpendapatlah yang sopan serta dengan landasan yang kuat, jangan sampai anda berpendapat tanpa memiliki sumber yang kuat. Saya sendiri belum berani berpendapat bahwa apakah Atlantis adalah indonesia karen a saya bukan pakar dibidang Geologi, sejarah maupun ilmu2 yang berhubungan dengan hal ini serta saya juga belum membaca buku karangan prof. arsyio ini . Oh ya bukunya juga sudah beredar di indonesia baik di toko buku online maupun di toko buku di yogya, kalau tempat lainnya belum tahu (semoga ditoko buku malang juga ada).Semoga bermanfaat...


Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Atlantis,_The_Lost_Continent_Finally_Found
http://id.wikipedia.org/wiki/Atlantis
http://esito.web.id/2008/05/misteri-benua-atlantis/comment-page-1/
http://blog.fitb.itb.ac.id/BBrahmantyo/?p=42
http://blog.fitb.itb.ac.id/BBrahmantyo/?p=257
http://www.atlan.org/


24 comments :

  1. bagus bagus.. like this kang tejo.. LANJUTKAN..

    ReplyDelete
  2. hehe.. keren juga postingannya.. bener2 di survey satu2.. ^^ atlantis ato bukan, yg penting negeri kita kaya bos..! (cuma kita suka lupa aja klo kaya... -_-') lagian kalo bener atlantis, cuma bikin bangga aja setelah ga tau deh jd apa.. -_-'

    ReplyDelete
  3. wah kang tejo mengeluarkan ide terpendamnya selama ini.. nyusun balik toh mas..?!? tapi keren neyh.. di jabarin lebih luas.. jadi ngerti aku maksutnya.. hohoho.. tapi apapun itu banyak pendapat yang berbeda dari segi apapun dan mereka punya pegangannya masing2.. apalagi yang di bahas itu sesuatu yang sudah berabad2 silam.. susah di pastikan kebenaran yang di omongkan sekarang.. yang jelas sekarang kita harus "SYUKURI APA YANG ADA".. hohoho..

    ReplyDelete
  4. belum pernah aq dapatkan dalam pelajaran sejarang selama 12 tahun sekolah

    ReplyDelete
  5. WAh Atlantis juga kang....

    Gw pernah postinmg tentang ini juga tahun kmaren....
    Nie Linknya:http://dj-site.blogspot.com/2009/12/atlantis-lost-continental-finally-found.html

    Emnak Negara kita paling jaya haha..

    ReplyDelete
  6. wah.. rinci banget penjelasannya kang..
    baru tau nih ada bukunya juga..
    tapi daripada baca buku.. mending baca disini ajah

    ReplyDelete
  7. memang ada teori begitu,ada yang menyatakan atlantis ada di dasar benua atlantik sekarang ini,ada juga yang menyatakan di sebuah tempat di italia dan ada juga yang berpikir indonesia adalah atlantik.semua punya teori sendiri sendiri..

    DOWNLOAD SOFTWARE PEMBURU HANTU

    ReplyDelete
  8. ohh. gitu yah? aku malah baru tahu nih.. thanks infonya kang.. menambah pengetahuan nih.. :)

    ReplyDelete
  9. hmmm... termasuk ga sependapat Indonesia adalah the lost Atlantis. soalnya ga ada ditemukan satupun peninggalan kebudayaan Atlantis di negara kita yg konon peradaban Atlantis adalah peradaban yang sangat canggih malah melampaui peradaban skrg.

    ReplyDelete
  10. mengenai indonesia lost atlantis kurang faham nihh...Gk berani kasih pendapat kangg...dengar2 di berita kabar sihh kep indonesia di prediksi akan tenggelam..waduuh ngeri juga tuuhh..semua itu tak lepas dari qadla dan qodar dari Allah sWT.

    ReplyDelete
  11. kang tejo ada tag buku nih jika berkenan di posting juga yahh..

    ReplyDelete
  12. Kalo yang saya tau, peradaban atlantis ini ada kaitannya atau pernah hidup semasa dengan bangsa lemuria yang konon 2 peradaban ini lebih maju dari peradaban zaman kita sekarang, request di posting berikutnya dibahas peradaban bangsa lemuria kang tejo ... Q dukung 10000 % :D

    ReplyDelete
  13. Hwah, Shin-kun baru tau sekarang, jika ini benar, asik dunks, ternyata negara kita merupakan kota yang hilang, hihihi. Tapi sejauh ini siy setau Shin-kun blom ada artefak ato penemuan benda yang diklaim sebagai peninggalan Atlantis, semoga suatu saat ada yang menemukannya :D

    ReplyDelete
  14. denger-denger sih gitu kang, soalnya banyak sekali ditemukan gunung laut di perairan kita. ya waallu hu A'lam aja lah kang

    ReplyDelete
  15. keboo sempat liat buku tu di gramed dulu. dan Ncenk langsung bilang "ah, tai kebo! indonesia jaman itu masih nomaden, nggak mungkin punya peradaban gitu! lagian namanya aja atlantis, Indonesia kan nggak deket ma samudra atlatik". haha.. hipotesis ngarang nih si ncenk...

    ReplyDelete
  16. Indonesia = Atlantis itu benar!! pulau atlantis bermandikan matahari, kaya akan hasil bumi!! Indonesia banget!! inget lagu koes plus = tongkat kayu dan batu jadi tanaman! liat aja singkong dan tumbuh2an lainnya yg ketika di tancapkan ke tanah nusantara ini maka akan tumbuh dgn subur, itu karena tanah di Indonesia ini subur dan makmur, beda dgn di barat sana yg miskin sumber daya alam, makanya bangsa barat adalah bangsa barbar dan tukang adu domba, mereka menjajah indonesia karena 3 G (gold, glory, gospel) rempah2 di Indonesia di keruk abis2an, orang asli indonesia jadi budak pada waktu itu!! dasar belanda taik ngehe!! taik babi!! moga2 "hole"land alias netherland akan tenggelam kelak!! mampus lo belanda!! nenek moyang kita di ganyang dan disiksa oleh kebo bule ini!! white supremacy no!! the supremacy is Indonesia!!! si budi bramanty begok banget!! di barat sana ga mungkin menjadi tropis!!

    ReplyDelete
  17. nice info yahhh
    Tutorial seperti inilah yang patut di kembangakan

    ReplyDelete
  18. Lalu gimana dengan penemuan candi2,piramida2,dan rantai gunung merapi yang hanya ada di indonesia??? Apa mau mengingkari itu semua???? Ckckckck...

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1