Saturday, January 21, 2012

Anime-Anime yang Pernah Berjaya Menghiasi Layar Kaca Indonesia Tahun 90-an Bagian 1

Saatnya kembali bernostalgia, bagi kamu yang lahir di tahun 80an akhir menginjak 90an pasti akan mengenal anime-anime ini yang pernah berjaya menghiasai layar kaca indonesia. Di tahun 80an menginjak 90an anime pernah sangat rame menghiasi hampir seluruh stasiun televisi indonesia, tidak seperti sekarang anime hanya ada di Indosiar dan RCTI yang masih menyisihkan hari minggu buat menayangkan anime. Melihat anime terbaru-pun sangat langkah sejak 2005-an sampai tahun 2012 ini. Inilah beberapa anime yang menurut saya pernah sangat booming di era 90an.

*source gambar:kidd di saint saiya bravepages

1. Saint Saiya atau juga dikenal dengan sebutan Knight Of Zodiak

Anime karya masami kurumada yang berkisah tentang tentang kelima prajurit yang mendapat julukan saint untuk melindungi saori reinkarnasi dewi athena. ke-5 prajurit tersebut mempunyai kekuatan berasal dari armor yang berdasrakan dari rasi-bintang masing-masing pemiliknya dan memiliki kekuatan khusus yang disebut kosmo.

Ke-lima prajurit tersebut adalah saiya, shiriyu, hyoga,sun dan Ikki. Anime ini benar-benar keren dengan cerita yang berbobot dan action fantasy serta gambarnya memikat. Sampai sekarang-pun anime ini tetap menjadi favorit saya dan anime ini pun juga memiliki fans base yang besar diseluruh dunia. Bahkan tahun 2004 kemarin saga ini dilanjutkan lagi episodenya.bayangkan sejak pertama kali di rilis tahun 1986 kemudian saganya kembali dilanjutkan tahun 2004 setelah hampir 20 tahun. Benar-benar saga yang sangat legendaris.

Anime ini benar-benar legendaris :D, pertama kali lihat anime ini di RCTI dan waktunya sekitar jam 5-an pokoknya waktunya menjelang maghrib jadi ingat dulu bagaimana usahanya mencari Tv tetangga mana yang menayangkan anime ini.

*source gambar:wira di saint saiya bravepages


2. Dragon Ball

Kalo saga yang satu ini sepertinya bukan hanya orang indonesia yang lahir di tahun 80-an saja yang tahu, anak-anak indonesia diabad 20-an mengenal dengan saga ini saking seringanya saga ini diputar ulang di televisi indonesia khusunya Indosiar. Tapi setahu saya sebelum dragon ball beredar di Indosiar ,saga ini pertama kali saya lihat di RCTI dan tayang setelah saint saiya klo gak salah ingat, jadi waktunya bertepatan dengan sholat maghrib jadi jarang nonton, baru bisa nonton saat ditayangkan oleh indosiar saat hari minggu.

Untuk cerita Dari Dragon ball sendiri biarpun saya tidak paparkan sepertinya hampir semuanya pasti tahu cerita dari perjalanan hidup Son Goku mulai kecil sampai dia menjadi bapak-bapak (sudah seperti biografi son goku :D). Saga karangan akira toriyama ini sudah sangat melegenda di stasiun televisi indosiar., dan saya rasa banyak juga yang hafal OST alias official soundtrack dari dragon ball yang versi indonesia :D. Saga ini menuai pencapaian yang sangat bagus karena telah di angkat oleh hollywood menjadi film layar lebar, ya meskipun tidak sukses.

Klo gak salah saga ini juga pernah di angkat oleh perfilman hongkong , filmnya sendiri yang buatan hongkong ini juga sering malang melintang di stasiun tv indonesia. Dan film dragon ball karya sineas hongkong ini juga sangat annoying meskipun lucu :D.

*source gambar:wibi


3. Doraemon

Setelah Dragon Ball sepertinya franchise Doraemon inilah yang melegenda di indonesia. Siapa yang tidak mengenal kisah kucing abad 22 yang membantu anak laki-laki cengeng bernama nobita. Kisah kehidupan sehari-hari nobita, doraemon dan teman-temannya ini seperti giant, suneo dan shizuka ini juga sangat melegenda.

Selain cerita-nya yang lucu, saga karangan Fujiko F Fujio ini juga memiliki pesan moral yang baik. Persahabatan, kejujuran, usaha pantang menyerah, berbuat baik adalah hal yang sangat berkesan dari anime panjang doraemon ini.

Doraemon tayang di layar kaca indonesia seingat saya sejak ia menginjakkan kaki di indonesia sampai sekarang ia telah terikat kontrak yang sangat panjang dengan RCTI :D. Tapi ternyata sebelum di RCTI menurut wikipedia, doraemon lebih dulu berkenalan dengan TVRI yogya kemudian diajak ke TVRI nasional baru kemudian RCTI sampai sekarang. Kantong Ajaib, Pintu kemana saja, Dorayaki adalah hal yang paling tak bisa terlupakan dari Doraemon.

*source gambar:ichaimucu

4. Shurato, di indonesia di kenal dengan Shulato

Mungkin hanya sedikit dari kamu yang mengetahui anime ini, anime shulato ini dulu tayang di Indosiar setiap hari minggu pagi kalo tidak salah ingat, saya dulu sering ketinggalan nonton anime ini karena tayangnya terlalu pagi jam 6.30 klo gak salah :D.

Anime ini terkenal dengan taglinenya "Shulato Si raja Shula", ceritanya tentang shulato yang ahli beladiri ini tiba-tiba diteleport ke dunia lain dan setelah itu dimulailah kisah serunya, typical anime2 khas jepang yang diteleport ke dunia fantasy. tapi anime ini benar-benar keren karena sebangsa saint saiya :D. Anime ini menurut wikipedia juga sangat sukses di pasaran karena telah di dubbing ke bahasa brazir,prancis,spanyol,filipina,china,taiwan dan indonesia.

*source gambar:tenkuukai

5. Time Quest atau dikenal juga Time Travel Tondekeman juga Time Troubel Tondekeman yang terkenal dengan tagline Teko..teko Ajaib
























Hahaha anime ini benar-benar legendaris. cerita yang kocok menjadi nilai lebih dari anime yang juga sudah malang melintang di seluruh dunia ini. Ceritanya tentang Hayato dan Yumi yang tidak sengaja mengaktiktakan si teko ajaib (tondekkeman) yang bisa membuat lubang dimensi untuk menuju tempat2 bersejarah di masa lalu.

Nah ketika melalukan time travel di baghdad si teko ajaib menghilang, di baghdad hayato dan yumi bertemu aladdin pangeran dandan, dan putri syalala. Nah dari sinilah kisah keseruan teko ajaib dimulai kisah untuk menyatukan pangeran dandan dan putri syalala yang diculik abdullah, kisah yang disajikan apik dan penuh humor. Sumpah anime ini benar-benar lucu dan menghibur yang pernah nonton anime ini pasti akan selalu ingat biripp...birippp..pip teko ajaib hahahaah.

Anime ini dulu tayang di indosiar jam 1 siang klo gak setengah 2an, dan tayang setiap senin-jumat*waduh sampe hafal hehehhe.Bagi yang belum tahu si teko ajaib legendaris ini silakan tampangai gambar di bawah ini :D:

*source gambar:myopera

Dan ini video salah satu episode dari Time Quest yang ada di youtube.


untuk list anime-anime selanjutnya yang pernah meramaikan layar indonesia di tahun 90an akan saya posting di bagian selanjutnya.Apa anime favoritmu di tahun 90-an?Mari bernostlagia dan Enjoy It.

9 comments :

  1. nostalgiaan nih, apalagi saint seiyya, uhhh

    pilm favorit

    ReplyDelete
  2. kangen bgt,,, Yu Yu Hakusho sama HxH andalan bgt waktu kecil.. qlo nda nnton pasti nangis,, hahahahaha,,, qlo taw sekarang smua film bsa didapat dgn mudah dan d download pasti dulu gak bakalan meraung2 nangis...haha

    ReplyDelete
  3. semua favorit saya! hehehe terimakasih sudah mengingatkan shourato lagi kang :D ... saya udah lupa banget nama anime ini hehehe pengen nyari di internet lagi ah ...
    Bikin lagi kang list anime-anime yang pernah tayang di indonesia thn 90an ... saya banyak yang lupa tapi pengen nonton lagi gitu ... hehehe

    ReplyDelete
  4. nyari dvdnya dimana ya?.

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1