Wednesday, January 18, 2012

Wikipedia Black Out, Aksi Mogok Ala Wikipedia

Bukan hanya para manusia yang bisa menyuarakan aksi protes, tapi wikipedia pun melakukan aksi protes dengan "mogok kerja". Mogok kerja ala wikipedia dengan cara merubah tampilan informasi halaman wikipedia yang kita akses menjadi black out dan bertuliskan "Imagine a World Without Free Knowledge" yang artinya Bayangkan Dunia tanpa Pengetahuan yang Gratis.

Bisa anda bayangkan bagaimana jika wikipedia menghentikan akses gratis-nya?, wikipedia yang sudah di kenal di seluruh dunia sebagai wadah informasi segala pengetahuan yang ada di dunia yang bisa dinikmati secara gratis, yang berisi pengetahuan-pengetahuan sejarah yang ada di kehidupan manusia ini, baik sejarah mengenai kebudayaan manusia, industri dunia maupun tokoh dunia serta informasi lainnya yang sering kita gunakan sebagai referensi dalam pengetahuan kita.


Menurut Wikipedia, dilansir dari halaman wikipedia. Aksi Wikipedia Blackout ini hanya terjadi jika anda mengakses halaman wikipedia yang berbahasa inggris. Karena aksi ini ditujukan untuk menyadarkan masyarakat amerika tentang bahayanya undang-undang Stop Online Piracy Act (SOPA) yang diusulkan kongres Amerika Serikat di America Representatif House dan Protect IP Act (PIPA) di US Senate.

Jika mendengar Stop Online Piracy Act alias Penghentian Aksi Pembajakan alias Plagiat Online tentu akan banyak yang mengatakan bukankah itu bagus?siapa yang mau content web mereka di bajak?tullisan yang susah payah kita buat dan dengan enaknya dibajak dan di paste ke halaman web lain, itu bukanlah hal yang tidak mengenakan karena saya-pun pernah mengalaminya. Tapi menurut Wikipedia undang-undang ini hanyalah akan menguntungkan perusahaan-perusahaan besar karena ujung-ujungnya adalah masalah uang, dan dengan adanya undang-undang ini maka keterbukaan di ruang publik akan hilang.

Aksi wikipedia blackout ini akan berlangsung pada hari ini 18 januari 2012 yang akan berlangsung selama 24 jam. Peristiwa ini mungkin nantinya akan dikenang dalam sejarah wikipedia pada khusunya dan dunia pada umumnya. meskipun di Indonesia tidak mengadakan wikiedia blackout tapi menurut wikipedia foundation, wikipedia indonesia juga mendukung aksi wikipedia black out ini.


Opini Penulis:

Sempat kaget saat tadi mengakses wikipedia english version tiba-tiba saja halamanya menjadi blackout untung cuma 24 jam :D. Jika saya yang ditanya Imagine a word without Free knowledge? dengan lantang jika perlu pake pengeras suara saya akan mengatakan TIDAK!!, ya saya tidak akan pernah bisa membayangkan bagaimana jika dunia ini tanpa adanya pengetahuan gratis. Karena dari pengetahuan yang saya peroleh secara gratis inilah saya dapat selalu menjaga nutrisi otak saya :D, tentu bukan hanya dari wikipedia saja. bayangkan saja jika blog-blog atau portal berita di internet menutup hak gratisnya untuk dilihat oleh istilahnya guest, dan kita harus menjadi member dan menbayar untuk setiap berita yang ingin kita baca.Bayar internet saja pas-pasan apalagi harus bayar berita berlangganan :D. Pengetahuan Gratis Yes, Tapi Plagiat NO.(wah setelah nulis ini kayaknya link download-download-an game harus dihapus nih :D).

Bagaimana menurut anda?jika anda ingin mengetahui alasan halaman wikipedia blackout versi asli silakan anda menuju wikipidia english version dan jika anda ingin mengetahu alasan wikipedia blackout ada versi english silakan menuju TKP dan gunakan zip code 10001 untuk mengaksesnya (menggunakan zip code lain-pun bisa asal regional US alias Amerika Serikat).Enjoy it.

*© foto:wikipedia

6 comments :

  1. Saya pembaca setia wikipedia, dan jika ada tulisan di blog yang beberapa pernyataan dikutip dari Wikipedia pasti saya akan menyertakan sumbernya..
    Karena saya mungkin sering baca wikipedia, jadi saya dapat membenarkan alasan mereka. Saya sering menemukan postingan yang isinya sama persis (mentah) dari wikipedia tanpa dicantumkan sumber.. Kalau Wikipedia beneran ngambek, bisa gawat

    ReplyDelete
  2. Untung cuma 24 jam.
    Sekarang sudah tgl 20.!

    ReplyDelete
  3. Untung cuma 24 jam.
    Sekarang sudah tgl 20.!

    ReplyDelete
  4. Sekarang google dan wordpress pun pada protes SOPA dan PIPA ini

    ReplyDelete
  5. awalnya kan huliwud dkk yg esmosi krn dibajak pilm, kasetnya n sopwarenya; lha kalo sopa merembetnya kemana-mana
    blogger bisa ditutup juga kang, dan pengsiun wkwkwkwk

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1