Sunday, August 23, 2015

Yakin Jaringan 4G LTE lebih baik dari 3G?

Saat ini marak iklan 4G LTE dari provider pintar.apakah kamu yakin klo 4G LTE yang nempel di hp android ini bakal lebih baik dari 3G ?saya memang belum pernah melihat langsung hp ini dan kualitas 4G-nya.
image sorce @telcomtalk

Berkaca dari pengalaman saya memakai salah satu HP si pintar ini yg harganya mendekati 2 dan hampir setahun ini saya sering mengalami kehilangan sinyal di jabodetabek.parahnya bahkan dilantai atas mall-pun sinyal si pintar ini hilang. atau jika saya pulang kampung saat lebaran atau libur lainnya dikampung saya-pun saya tidak dapat sinyal.Jadi apakah yakin 4G LTE punya si pintar bakal lebih baik?

Apa itu 4G LTE dan bedanya dengan 4G?

Disadur dari wikipedia 4G LTE (Long Term Evolution) adalah salah satu standard 4G yang dikomersilkan didunia yang merupakan standar Swedia.4G komersil lainnya yaitu Standar WIMAX,merupakan standart Korea Selatan sejak 2006.Jadi 4G LTE adalah salah satu standard 4G.
4G sendiri adalah singkatan dari istilah dalam bahasa inggris:fourth-generation technology.Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler yang merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G.

4G LTE adalah nama pasaran dari 3GPP Long Term Evolution (LTE).4G LTE adalah sebuah standar komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk akses data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler maupun perangkat mobile lainnya.LTE disebut sebut sebagai jaringan nirkabel tercepat saat ini,sebagai penerus 3G.LTE bahkan diklain sebagai jaringan nirkabel yang paling cepet pertumbuhanya.

image source @boosharticle

Jadi yakin 4G LTE lebih baik dari 3G?

Menengok dari penjelasan tersebut,Apalgi jika melihat meme kocak diatas yang menunjukkan perbedaan kualitas kecepatan 3G dan 4G yang kocak itu. Tentu kecepatan 4G LTE akan lebih baik dari 3G,tapi masalahnya jaringan 3G si pintar saja tidak konsisten dan tidak merata??bagaimana bisa memuaskan pelanggan jika jaringan pemancar sinyalnya saja hanya ada ditempat-tempat tertentu dan masih kalah dengan provider GSM yang memang lebih mahal dalam hal costnya.

Tapi tentu akan lebih baik bila si pintar dapat meratakan jaringan pemancar sinyalnya,jika jaringan si pintar merata tentu akan mempengaruhi penjualan produknya bukan.wong dikampung saya yang punya sipintar pada dijual lagi karena jaringanya gak nyampe dikampung.apakah mungkin kampung saya terlalu pedalaman?lol.Semoga si pintar benar-benar menjadi teman yang pintar.

1 comment :

  1. Layanan 4G sekarang 2018 aja masih parah ... ngapain upgrade 4g kalo bts operator masih seiprit

    ReplyDelete

 
UA-61905524-1